Langsung ke konten utama

Salah Satu tempat terbaik di indonesia ......



Nih makk aye ceritainn tentang Gili trawangan

ASAL USUL GILI TRAWANGAN

Nama Gili Trawangan yang terletak di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara barangkali sudah familiar di telinga wisatawan dunia. Bukan saja karena pulaunya yang indah serta pasir putihnya yang menawan, tetapi Gili Trawangan menawarkan kenikmatan tersendiri pada pengunjungnya. Ketika pagi hari wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti menyusuri keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving, lalu saat sang mentari berangkat kembali ke peraduan menjelang, ada pemandangan sunset.

Terlepas dari alam  yang memanjakan pemandangan dan kehidupan malam di sana, pulau yang memiliki panjang 3 kilometer dan lebar 2 kilometer dengan luas kurang lebih 340 hektare serta dihuni oleh sekitar 800 jiwa itu, dulunya merupakan penjara. Dilansir dari situs resmi desa Gili Indah, pada zaman penjajahan kerajaan Bali di Lombok, Patih AA Gede Alit yang diutus Raja Bali untuk menduduki Lombok kala itu membuang sekitar 350 orang pemberontak dari suku Sasak ke pulau ini. Sebab selain lokasinya yang berada paling ujung dari dua Gili di sebelahnya, yaitu Meno dan Air. Gili Trawangan adalah pulau yang paling luas.

Kemudian pada masa penjajahan Belanda, barulah dihuni oleh seseorang yang bernama Wak Sokna berasal dari suku Kerajaan Mandar Balanipa, Sulawesi Selatan. Tetapi Wak Sokna pertama kali menginjakkan kaki di Lombok Timur tepatnya di Labuan Pandan.

Setelah beberapa tahun kemudian ia berpindah tempat ke Jambianom yang sekarang akrab disebut Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara

Bagaimana asal-usul dinamakan Gili Trawangan? Kala itu sejumlah orang yang menghuni pulau kecil tersebut kerap menyebutnya dengan “Terangang” artinya adalah tempat bertelurnya Penyu. Sementara orang suku Sasak menyebut Gili sebagai pulau kecil. Seiring berjalannya waktu nama itu berubah menjadi Gili Trawangan sebagaimana dikenal saat ini. “Gili Trawangan mulai didatangi oleh wisatawan itu kalau tidak salah sekitar tahun 1970. Waktu itu belum ada apa-apa masih gelap, jadi ketika tamu menginap, saat makan pagi kita selalu suguhkan pisang goreng,” ungkap Kepala Dusun Gili Trawangan era 1995, H. Arsan kepada kicknews belum lama ini. Waktu itu ada orang asal Bugis yang membawa keluarganya untuk tinggal di pulau ini.

Anggota Komisi II DPRD Lombok Utara ini  menjelaskan, pada tanggal 10 April 1995 tiga gili dijadikan desa persiapan. Kala itu Kepala Desa persiapan yang menjabat adalah H Damsiah HA. Setelah satu setengah tahun menjadi desa persiapan maka tepatnya tanggal 15 Oktober 1996 Desa Gili Indah dikukuhkan menjadi desa definitif dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor: 146 Tahun 1996 dengan kode desa : 52.01.04.2006.

AKTIFITAS YANG BISA DILAKUKAN DI GILI TRAWANGAN

1.     Berenang

Akan sayang sekali jika pantai di Gili Trawaangan yang jernih tidak anda manfaatkan untuk berenang. Anda bisa berenang dengan suka hati bermain-main dengan kemilau air hijau disana. Tapi ingat ya, jangan sampai jauh ke tengah apalagi jika melewati rambu-rambu yang ada karena hal itu bisa berbahaya.

2.     Menyelam

Jika anda memiliki seritifikat menyelam, sebaiknya anda harus mencoba aktivitas diving di pantai karena anda pasti akan suka dengan kehidupan bawah laut disana. Anda bisa merasakan berenang diantra ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang indah. Wah, menakjubkan bukan? Tapi jika anda tidak memiliki sertifikat diving, anda tetap bisa meyelam asalkan menjalani kurus singkat di discovery scuba diving.

3.     Water sport

Ada lagi aktivitas seru lainnya yang berhubungan dengan olahraga air. Jika anda ingin bermain air namun tidak ingin terlalu berbasah-basah, anda bisa naik banan boat, jet sky atau pun lainnya. Banyak kok hotel yang juga menyediakan jasa water sport. Melakukan water sport bersama orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat pasti akan semakin menyenangkan.

4.     Bersepeda

Melakukan aktivitas sepeda santai di pagi atau sore hari di Gili Trawangan juga akan membuat hari anda berlalu indah. Anda bisa bersepeda menyusuri tepi pantai sambil memandang deburan ombak. Sesekali menuntun sepeda sambil menunggu sunrise atau sunset pasti juga akan jadi hal yang menyenangkan. Udara segar dan bebas polusi di tempat tersebut tentunya juga akan membuat anda lebih santai dalam mengendarai sepeda dan benar-benar merasakan berbaur dengan alam.

5.     Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang baik lho untuk kesehatan tubuh. Jadi tak ada salahnya jika anda liburan sambil menerapkan kebiasaan berjalan kaki. Anda bisa berjalan kaki menuju pantai dan menyusuri tepi pantai. Jalan kaki di antara deburan ombak yang akan membuat kaki berkcipak basah juga seru dilakukan.

6.     Naik Cidomo

Jalan-jalan mengelilingi Gili Trawangan sore hari dengan cidomo merupakan hal menyenangkan yang juga bisa anda coba. Anda jadi bisa bersantai sekaligus menikmati pemandangan sore hari di atas kereta kuda bersama keluarga dan sahabat anda.

7.     Berfoto

Sesi berfoto juga merupakan aktivitas penting yang tak boleh anda tinggalkan. Memang sih dari sekian banyak aktifitas lainnya, kegiatan berfoto jadi tidak terlalu penting bagi anda yang tak suka narsis di depan kamera. Tapi foto nantinya akan terasa kegunaannya setelah anda sudah meninggalkan tempat ini. Kalau pun anda tidak mau berfoto selfie, anda bisa mengambil gambar pemandangan alam disini yang nantinya akan menjadi saksi kalau anda pernah ke Gili Trawangan.

8.     Berkuda

Di Gili trawangan juga ada istal tempat pacuan kuda, yang terknal adalah sunset stables dan stud tables. Mengendarai kuda di tempat seindah Gili Trawangan pasti akan sangat mengasyikkan. Jika ingin berkuda anda harus menyediakan dana Rp.250.000/ jamnya.

9.     Berwisata Kuliner

Tak lengkap rasanya jika anda hanya menikmati pemandangan alam tanpa mencoba makanan enak yang ada di Gili Trawangan. Sesekali sempatkanlah berjalan-jalan ke kafe untuk berburu makanan lezat di tempat ini. Kebanyakan kafe memang menjual makanan asing, diantaranya: menu makanan cina, menu makanan amerika, dll. Tapi jika anda tidak suka dengan menu-menu tersebut, jalan-jalan saja di tempat yang banyak terdapat pedagang kaki lima dan anda pun bisa menikmati es krim di pinggir jalan, jus, rujak, atau pun makanan yang tak kalah enak lainnya.

DAYA TARIK GILI TRAWANGAN


1. Panorama pantai nan menakjubkan

Pulau yang juga lazim disebut "Gili T" oleh para turis ini terkenal dengan panorama pantai yang eksotis dan menawan. Percayalah, sejauh mata memandang ke segala arah, Anda akan terpukau oleh perpaduan langit biru, air laut berwarna pirus berkilau, dan garis pantai berpasir putih tanpa batas! Bukan hanya itu, Anda juga dapat menikmati matahari terbit dan terbenam sekaligus dalam satu hari.

Pasalnya, Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap ke barat maupun timur. Pantainya pun memiliki pesona yang berbeda di setiap sisinya. Pantai yang berada di timur lebih ramai oleh wisatawan dan penduduk lokal karena dekat dengan dermaga dan merupakan pusat aktivitas ekonomi di pulau tersebut. Berbeda dengan pantai di sisi barat yang lebih sepi.

Meski sepi, tapi bukan berarti Anda bakal kekurangan pilihan aktivitas. Apalagi yang lebih menggiurkan daripada bersantai di tempat tidur gantung tepi pantai sembari membaca buku atau sekadar menikmati suara ombak dan sayup angin? Sewaktu-waktu ingin berenang, Anda tinggal melangkah karena laut adalah pekarangan Anda! Kala sore tiba, silakan duduk manis menanti matahari terbenam bersama orang tercinta.

2. Lihatlah, bawah laut yang memukau

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh Gili Trawangan adalah pesona laut yang sangat menakjubkan. Air lautnya yang jernih membuat berbagai biota yang hidup di dalamnya begitu mudah terlihat. Sayang sekali bila Anda ke Gili Trawangan tanpa mencoba sensasi snorkeling atau diving di sekitar pulau ini.

Arus laut yang tenang akan menambah kenikmatan Anda saat menyelam. Di sini, Anda akan menemui kumpulan hewan laut yang cantik, seperti clown fish, atau biasa disebut ikan nemo. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat terumbu karang aneka warna yang dapat menjadi obat penghilang stres selama menjalani kehidupan sehari-hari di tempat tinggal Anda.



3. Terbebas dari kemacetan dan polusi kendaraan

Sumpek dengan polusi kendaraan bermotor di kota tempat Anda tinggal? Mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mengunjungi Gili Trawangan. Dijamin, Anda tidak akan menemui kendaraan bermotor di seluruh sudut pulau, sebab kendaraan bermotor dilarang keras beroperasi di pulau ini. Sebagai gantinya, transportasi yang digunakan baik oleh penduduk lokal dan wisatawan untuk mengitari pulau adalah sepeda dan cidomo. Cidomo adalah kereta kuda khas Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Rata-rata, penginapan di Gili T menyediakan fasilitas rental sepeda dengan tarif beragam, mulai dari Rp40.000 hingga Rp75.000 per hari. Sedangkan cidomo dipatok sekitar Rp75.000 sampai Rp100.000 untuk satu kali perjalanan, tergantung jarak yang hendak ditempuh. Kereta ini bisa memuat hingga enam penumpang dan mudah ditemukan di area pusat pulau, tepatnya sekitar pasar seberang dermaga.

4. Penduduk yang ramah dan bersahabat

Selain pesona alamnya yang menakjubkan, Gili Trawangan juga dihuni oleh penduduk lokal yang ramah. Berbeda dengan kota besar di mana warganya terlalu individualis, penduduk Gili Trawangan siap menyapa dengan bersahabat ketika Anda mengelilingi pulau ini. Hal tersebut tentu membuat Anda semakin nyaman dan betah berada di Gili Trawangan meskipun tinggal berhari-hari.

Bila Anda tak tahu arah menuju penginapan atau tempat tertentu, jangan segan untuk bertanya pada warga lokal yang Anda temui di sekitar. Tanpa ragu mereka akan membantu menunjukkan arah menuju destinasi Anda.


5. Pasir putih yang menghampar

Ingin menghabiskan waktu di penginapan? Maka Gili Trawangan adalah pilihan destinasi yang tepat untuk liburan Anda. Mengapa? Karena di sini banyak pilihan hotel, resor, maupun vila yang berlokasi di tepi pantai. Bahkan dari jendela kamar hotel, Anda sudah dapat menikmati indahnya sunset di kaki langit! Sebut saja, Hotel Ombak Sunset yang terletak di tepi barat pulau. Hotel berbintang empat ini menghadirkan pemandangan sore hari yang menakjubkan.

Bagi Anda yang ingin relaksasi dengan suasana yang lebih tenang dan asri, La Cocoteraie Ecolodge bisa menjadi pilihan untuk bermalam. Resort ini menawarkan konsep glamping atau glamour camping, di mana Anda menginap di sebuah tenda mewah dengan nuansa khas tropis pinggir pantai ditemani pasir putih dan pohon kelapa yang rindang.

La Cocoteraie Ecolodge, yang terdiri dari 8 tenda pribadi, memiliki fasilitas mewah seperti WiFi gratis, restoran, dan peralatan snorkeling gratis. Peralatan selam ini bisa Anda gunakan secara gratis untuk menikmati pesona bawah laut di perairan sekitar tiga gili (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air). Lokasinya yang jauh dari pusat keramaian dan ditambah suasana penginapan ala padepokan tepi pantai menjadikan tempat ini sangat pas bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam bersama sahabat, pasangan, atau keluarga tercinta.

Jika Anda punya dana liburan terbatas, tidak usah khawatir. Anda masih bisa menemukan penginapan low budget yang berada di pulau eksotis ini. Misalnya, mulai dari Rp249.000, Anda sudah bisa menginap di Intan Inns Hostel yang lokasinya tidak jauh dari tepi pantai. Jika Anda ingin menginap murah dengan fasilitas memadai, cobalah Bale Sasak Bungalows, penginapan murah mulai dari Rp200.000, yang sudah memiliki fasilitas kolam renang dan WiFi gratis.

Lalu, bagaimana caranya mencari hotel di Gili Trawangan yang sesuai dengan keinginan Anda? Pesan saja melalui Traveloka, online travel agent (OTA) terbesar di Indonesia yang memberikan ragam pilihan hotel-hotel eksotis di Gili Trawangan, mulai dari Rp200.000.


Tidak salah jika Gili Trawangan menjadi tempat wisata terbaik bagi Anda yang ingin relaksasi dari rutinitas sehari-hari. Apalagi, pulau ini belum begitu ramai oleh wisatawan jika dibandingkan dengan Pulau Bali. Namun, nampaknya justru inilah yang bikin Gili Trawangan kini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan lokal dan asing.

Mau bukti liburan di Gili Trawangan lebih murah? Dengan Traveloka App, aplikasi mobile travel terpopuler di Indonesia, Anda bisa berangkat naik pesawat ke Lombok terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan darat dan laut ke Gili Trawangan. Anda bisa terbang dengan harga mulai dari Rp682.900.

Dilancup :Jadi nambahinn kaga makk ...???
Emak     : Maap ye cuppp emak ga ada, buat bayar arisan  tadi pagii, minta babehlu aje... xixixixi
Dilancup : Ya allah makkk bilang ke dari tadi.... capedehhhhh hufhfhftfhftfhftfhfhftfh

Sumber
Wikipedia – Kicknews - Nationalgeographic

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalau sering denger istilah Kacang lupa Kulitnya pasti lo orang PINTER

Lo tau gasi istilah Kacang Lupa Kulitnya., istilah yang sering orang gunakan pada saat seseorang lupa dengan kebaikan seseorang yang pernah membantunya, lupa darimana seseorang berasal, lupa dengan siapa yang dia berbicara, lupa akan janji-janji manisnya setelah menduduki jabatan dan sebagainya. Ya istilah itu yang sering atau pernah kita dengar, padahal memang sudah nasib kulit kacang itu dibuang, ya paling minim dikumpulin dulu kulitnya biar rame kemudian dibuang… he. Ya itu teruntuk orang yang tidak tau balas budi sama kulit kacang,he, pasti akan membuangnya, padahal kulit kacang itu banyak manfaatnya dari sisi kesehatan diantaranya untuk mengatasi karang gigi, menurunkan kolesterol, menyembuhkan asam urat dll. Itu ga jauh beda dengan orang yang pernah tulus membantu kita hingga kita sukses jadi orang, padahal dlunya cm tuyul, bantu kita menjadi orang yang terpandang, padahal dulunya dilirik aja juga engga, trus setelah sukses ataupun terkenal kita melupakan mereka… itu

MAU TAU PARA PEJUANG MASA KINI

Kalian tau ga Pejuang itu bagaimana dan seperti apa? Pasti dalam pandangan dan pemikiran sebagian banyak orang pejuang adalah sosok manusia yang memperjuangkan tanah airnya dari penjajahan, penindasan yang dilakukan penjajah tempo dulu, seperti Sultan Hasanudin, Pattimura, Jenderal Sudirman, Jenderal Achmad Yani, Pangeran Diponogoro dan seterusnya.. Tapi kalian sadar ga kalau dimasa kini juga ada sosok para pejuang, yang munkin kita sering lihat,sering bertemu bahkan mungkin kita sendirilah pejuang tersebut tanpa kita sadari. Mau tau siapa para pejuang MASA KINI yang akan kita Bahas.. lihat gambar dibawah ini. Yup mereka adalah para Pekerja yang selama mereka bekerja mengandalkan transportasi Commuterline untuk berangkat menuju tempat mereka bekerja, dan pulang kerumah ketika mereka selesai bekerja demi sesuap nasi, segenggam emas, sebatang coklat, sederet cicilan, dan setumpuk perihal lain yang dibutuhkan dalam hidup. Sebagian besar pejuang ini ihklas dan

SURGA VS NERAKA

SURGA VS NERAKA Orang bilang cara untuk manusia masuk SURGA itu sangat mudah dan sederhana, HANYA DENGAN Mendekatkan Diri kepada Nya, menyembahNya, berdoa meminta ridho akan surganya, meminta hidayahnya, Berbakti kepada Orangtua, perduli dan bersedekah dijalannya, berbuat baik dan saling menyayangi kepada sesama, rajin beribadah, menjadi contoh yang baik dan Selalu dijalannya, serta banyak cara sederhana dan mudah lain menuju surga yang mungkin kalau dibahas keseluruhan akan menghabiskan Roko 1 Bungkus dan Kopi 5 Sachet.. Akan tetapi kenyataannnya cara mudah dan sederhana itu sering diabaikan, terlupakan maupun dianggap sebelah mata. Karena Neraka Menawarkan sesuatu yang lebih indah dimata, tantangan yang terbuka, enak dirasa dan dipendengaran.. yang notabene dibalik itu Semua adalah Ajakan untuk kita masuk kedalam NERAKA.. Kalau dilihat dan dirasa secara ilmu marketing Setan itu SANGAT CERDIK sekali dalam mengajak kita dan mengarahkan kita untuk menuju NERAKA tanpa k